Review Aplikasi Instagram (2018)



Sekilas tentang Instagram

Instagram (IG) merupakan sebuah aplikasi sosial media untuk berbagi foto maupun video antar penggunanya yang dapat diakses melalui smartphone, tablet, maupun PC. Sejak peluncurannya pada tanggal 6 Oktober 2010, Instagram telah memiliki lebih dari 500 milyar pengguna yang aktif setiap harinya.

Fitur-fitur pada Instagram

Hingga saat ini, Instagram telah mengembangkan berbagai macam fitur antara lain :

Explore

Berfungsi untuk melakukan pencarian dan menemukan hal-hal yang sedang trending atau hal yang sedang menjadi hot-topic, baik di antara list user yang kita follow hingga user dari luar negeri.
Photographic Filter
Fitur utama Instagram yang memungkinkan kita mengambil foto baru/mengunggah foto dari galeri kita dan menambahkan filter sebelum kemudian memposting foto tersebut.

Video
Fitur instagram untuk berbagi video, video yang dihasilkan juga dapat ditambahkan filter terlebih dahulu.

Instagram Direct
Merupakan sarana untuk chatting. Baik secara personal maupun grup.
Instagram Stories
Salah satu fitur terbaru dalam Instagram yang sering pula disebut SnapGram karena mirip seperti aplikasi snapchat. Pada fitur ini pengguna dapat memposting foto maupun video singkat berdurasi 15 detik untuk kemudian di unggah dan dibagikan. Postingan pada Instagram Stories ini hanya akan bertahan selama 24 jam, namun dapat pula disimpan untuk waktu yang lama dengan mengaktifkan highlight pada story yang bersangkutan.

Selain fitur-fitur diatas, masih banyak sekali fitur-fitur pada instagram seperti Hashtag, Rewind, Eraser Brush, dan lain sebagainya.

Manfaat Aplikasi Instagram

-Menambah wawasan dan teman baru.
-Dapat digunakan untuk berbisnis, terutama dalam melakukan promosi dan pemasaran.
-Dapat digunakan untuk saling berbagi momen dan kenangan antar penggunanya.

Dampak Negatif Aplikasi Instagram

-Dapat memberikan dampak buruk bagi psikologi seseorang, misalnya saja rasa minder yang timbul saat seorang pengguna melihat temannya memposting foto liburan tahun lalu.
-Foto/Video yang telah di unggah oleh pengguna bisa jadi digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan tertentu.
-Bilamana berurusan dengan dunia perdagangan, dapat terjadi penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan dan Solusi

Layaknya aplikasi sosial media lainnya, Instagram dapat diibaratkan sebuah pedang bermata dua. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan meminimalisir dampak negatif yang di timbulkan oleh aplikasi ini lagi-lagi tergantung kepada tujuan dan rasa tanggung jawab dari pengguna masing-masing. Oleh karena itu, saran saya untuk developer adalah untuk banya melakukan riset sebelum mengeluarkan suatu fitur baru sehingga fitur yang dihasilkan nantinya akan dapat digunakan dengan baik dan tidak memberikan celah kepada pengguna yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Comments

Popular Posts