Pengalaman Kerja Kelompok Softskill Berdasarkan Perspektif Saya

Hi guys, kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman pribadi saya seputar dunia perkuliahan. Nah kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya membuat suatu prototype aplikasi untuk tugas mata kuliah Pengenalan Teknologi Internet dan New Media.

Singkatnya, pada minggu pertama mata kuliah ini, dosen kami menjelaskan detail dan deadline tugas tersebut lalu membagi kelas kami menjadi beberapa kelompok.

Pada saat pembagian kelompok, banyak yang memilih untuk bergabung dengan teman-teman yang sudah mereka kenal masing-masing pada saat di tingkat satu dahulu, namun lain halnya dengan saya. Pada waktu itu saya memilih untuk masuk kedalam sebuah grup yang notabene anggota-anggotanya belum saya kenal sama sekali. Mengapa demikian? Karena pada waktu itu saya berfikir agar dapat mengenal teman-teman baru dan mencoba keluar dari "zona nyaman" dengan tidak melulu membaur dengan teman-teman yang sudah saya kenal saja.

Maka dimulailah kerja kelompok kami. Mulanya, kami berdiskusi memunculkan berbagai macam gagasan perihal program apa yang akan kami buat nanti. Berdasarkan hasil diskusi, akhirnya kami memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi modul pembelajaran untuk anak. Idenya adalah membuat sebuah aplikasi pembelajaran interaktif dengan materi matematika dan bahasa inggris dengan beberapa game edukatif sebagai sarana hiburan tambahan.

Pada kerja kelompok kali ini, saya bertanggung jawab sebagai desainer yang merancang tampilan dari aplikasi kelompok kami. Dalam mengerjakan desain aplikasi ini, saya menggunakan adobe illustrator untuk membuat rancangan dan objek-objek yang nantinya akan dipasangkan pada aplikasi sesungguhnya.

Dalam mengerjakan tugas kelompok ini, saya menemui beberapa tantangan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Pertama, pada minggu-minggu pertama, saya masih merasa agak sungkan terhadap rekan-rekan kerja saya dikarenakan kami masih belum terlalu mengenal satu sama lain, namun hal ini dapat saya atasi seiring dengan berjalannya waktu.

Kedua, berkurangnya waktu tidur saya, karena saya harus membagi waktu antara tugas softskill ini dan tugas dari mata kuliah lain hehe.

Ketiga, tidak selalu hasil kerja saya memenuhi ekspektasi dari rekan-rekan kerja saya, oleh karenanya beberapa kali saya melakukan revisi terhadap desain program yang telah saya buat sebelumnya.

Berikut ini saya jelaskan bagaimana saya bekerja :

Mula-mulanya, saya mencari referensi mengenai tren desain untuk aplikasi yang sedang diminati sekarang ini. Dari hasil pencarian tersebut, saya memutuskan untuk mengadopsi gaya material design kedalam aplikasi ini.

Lalu setelah itu, saya mulai membuka aplikasi adobe illustrator dan langsung merancang tampilan program. 

Tampilan diatas merupakan contoh rancangan untuk modul pembelajaran matematika.

Setelah rancangan tersebut saya buat, berikutnya saya menunjukkan rancangan tersebut kepada rekan-rekan satu kelompok saya. Setelah semua disetujui, maka berikutnya masuk ke tahap pengimplementasian.

Dalam mengimplementasikan desain tersebut kedalam aplikasi sesungguhnya lumayan memakan waktu. Pasalnya, antara saya dan rekan saya yang bertugas sebagai pembuat script dari aplikasi (sebut saja coder hehe) harus saling bergantian menunggu satu sama lain menyelesaikan bagiannya agar yang lain dapat bekerja. Jadi misalnya saja dalam mengerjakan bagian modul bahasa inggris, saya harus menunggu scriptnya diselesaikan dan dikirimkan oleh rekan saya sebelum akhirnya saya dapat menata desain formnya.

Pada akhirnya, setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya proyek kelompok kami dapat terselesaikan tanpa melewati batas deadline yang telah ditentukan. Dan pada saat presentasi, program buatan kami dapat diterima oleh dosen mata kuliah kami.

Bagi saya, keseluruhan proses yang terjadi selama kerja kelompok ini membantu saya untuk menjadi pribadi yang mempunyai sikap profesional dan lebih bertanggung jawab dalam mengerjakan segala sesuatu. Juga membuat saya menjadi terbiasa untuk bekerja dalam kelompok dan membangun relasi di lingkungan yang baru.

Nah, itulah kira-kira sedikit cerita tentang pengalaman saya mengerjakan tugas kelompok untuk mata kuliah softskill Pengantar Teknologi dan New Media, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, semoga hari anda menyenangkan dan sehat selalu :)

Comments

Popular Posts